Selasa, 21 Juli 2015

Lebaran 2015. Terkadang, ucapan selamat melalui pesan pendek atau situs jejaring sosial kini telah menggantikan kartu Lebaran yang dulu selalu dikirimkan kepada kerabat, teman atau relasi. Namun ternyata kehadiran teknologi tidak serta merta menghapus tradisi saling berkunjung atau silaturahmi terlebih ke Sanak Saudara. Apa yang membuat hari raya lebaran menjadi hari spesial yang banyak ditunggu oleh umat muslim? Selain tentunya sebagai puncak dari penutup ibadah ramadhan, lebaran juga dinanti karena saat itulah kesempatan kita untuk menjalin silaturahmi pada kerabat yang telah lama terpisah. Mungkin banyak yang memandang sebelah mata pada prosesi ini, tanpa kita sadari silaturahmi memberikan manfaat luar biasa bagi kita. Setelah melaksanakan silaturahmi bersama keluarga, saya rasakan ada energy positif yang mengalir dalam darah kita. Semua terasa ringan dan menambah kita untuk selalu ingin berkumpul lagi bersama keluarga dan saudara kita. Lebaran tahun ini bersama keluarga besar kami laksanakan di rumah kakak tertua di Sawangan Depok. Tepatnya hari Sabtu, 18 Juli 2015. Alhamdulillah, karena kediamannya cukup luas sehingga dapat menampung sanak family yang datang. Menengok kebelakang tentang orang tua kami, Bapak Satam asli dari Cepu dan Ibu Pairah berasal dari Kudus (Kedua beliau telah tiada). Sejak tahun 70-an kami sekeluarga tinggal di Jakarta (merantau), jadi sampai hari ini saya tidak memiliki tradsisi Mudik. Mengingat Istri juga terlahir di Jakarta, mertuapun tinggal di Jakarta, jadi tiap kali Lebaran keluarga semua berada di Jakarta dan sekitarnya. Saya termasuk berbahagia dibesarkan ditengah keluarga yang jumlahnya besar, terdiri dari 8 saudara (3 pria, dan 5 perempuan) antara lain bila diurutkan: 1. Sutejo 2. Sutami 3. Sumarni 4. Suroyo 5. Suratmi 6. Sukarsih 7. Sugiarti 8. Sunarto (Saya sendiri). Foto-foto di sebelah, adalah saya bersama 7 saudara saya. Diusia saya yang 45 tahun, sangatlah berbahagia dan terharu dapat berfoto dan kumpul lengkap barsama saudara tercinta. Itulah cerita singkat tentang lebaran saya tahun ini. Alhamdulillah sangat berkesan karena saya merasakan rasa kekeluargaan dan kekompakan di keluarga saya makin meningkat, yang paling senang itu ya bisa lebaran ramai-ramai dan kumpul bareng di rumah kakak tertua. Semoga dimasa mendatang bisa terus dapat kumpul-kumpul bersama seperti itu. Jadi apabila anda sudah lama tidak berjumpa dengan orang tua atau bahkan sanak famili, hanya karena alasan jarak dan tidak ada waktu, sudah saatnya anda berubah pikiran dan mulai merencanakan jadwal untuk bersilaturahmi. Tidak ada waktu yang lebih tepat selain saat hari raya lebaran, disanalah kita dapat bertemu sekaligus lebih menjalin persaudaraan. Karena pada akhirnya manusia adalah mahluk sosial, yang sangat membutuhkan kehadiran bersama keluarga dan kita tidak bisa membantah itu. Terima kasih Ya Allah yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat berkumpul bersama sanak keluarga. Selamat Idul Fitri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar